Rabu, 07 Desember 2011

Konsep Sistem Informasi

Pengertian Sistem

  1. Sistem adalah sekumpulan komponen yang saling berhubungan, yang bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan (Amin Widjaja Tunggal).
  2. Sistem mengandung arti kumpulan dari komponen-komponen yang memiliki unsur keterkaitan antara satu dan lainnya (Richardus Eko Indrajit).

Pengertian Informasi

  1. Informasi dihasilkan dari suatu pengolahan data. Di mana data memiliki pengertian sebagai suatu deskripsi tentang benda, kejadian, aktifitas dan transaksi yang tidak mempunyai makna atau tidak berpengaruh secara langsung kepada pemakai. Dan informasi di sini memiliki pengertian sebagai berikut:
  2. Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau saat mendatang (Davis).
  3. Informasi adalah data yang telah diproses sedemikian rupa sehingga meningkatkan pengetahuan seseorang yang menggunakan data tersebut (McFadden, dkk).

Pengertian Sistem Informasi

  1. Sistem informasi merupakan suatu kumpulan dari komponen-komponen dalam perusahaan atau organisasi yang berhubungan dengan proses penciptaan dan pengaliran informasi (Richardus Eko Indrajit)
  2. Sistem informasi adalah kumpulan kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi (Alter)
  3. Sistem informasi adalah kerangka kerja yang mengkoordinasikan sumber daya (manusia, komputer) untuk mengubah masukan (input) menjadi keluaran (informasi), guna mencapai sasaran-sasaran perusahaan (Wilkinson)

Gambaran Sistem Informasi

  1. Sistem reservasi pesawat terbang: sistem ini digunakan dalam biro perjalanan untuk melayani pemesanan/pembelian tiket.
  2. Sistem pengajian karyawan pada perusahaan dimana sistem ini mengatur gaji seorang karyawan dari golongan, tunjungan, sehingga setiap karyawan mendapatkan gajinya yang sesuai tiap bulan.
  3. Sistem pelayanan akademis yang memungkinkan mahasiswa memperoleh data-data akademis atau informasi yang berguna bagi mahasiswa tersebut.
  4. Sistem yang dipasang pada tempat-tempat publik yang memungkinkan seseorang mendapatkan informasi seperti di hotel, tempat pariwisata, atau bahkan di kampus


Hal-hal yang bisa dikerjakan oleh sistem informasi

  1. Melaksanakan komputasi numerik bervolume besar, dan dengan kecepatan tinggi.
  2. Menyediakan komunikasi dalam organisasi atau antar organisasi yang murah, akurat dan cepat.
  3. Menyimpan informasi dalam jumlah yang sangat besar tetapi dalam ruang yang kecil dan mudah diakses.
  4. Memungkinkan pengaksesan informasi yang sangat banyak di seluruh dunia dengan cepat dan murah
  5. Meningkatkan efektivitas dan efisiensi orang-orang yang bekerja dalam kelompok dalam suatu tempat atau pada beberapa lokasi.
  6. Menyajikan informasi dengan jelas yang menggugah pikiran manusia.
  7. Mengotomasikan proses-proses bisnis yang semi-otomatis dan tugas-tugas yang dikerjakan secara manual.
  8. Mempercepat pengetikan dan penyuntingan.
  9. Pembiayaan yang jauh lebih murah daripada pengerjaan secara manual.

Kemampuan Sistem Informasi tersebut di atas mendukung sasaran bisnis bagi perusahaan yang mencakup :

  1. Peningkata Produktifitas
  2. Pengurangan biaya
  3. Peningkatan pengambilan keputusan
  4. Peningkatan pelayanan kepada pelangga
  5. Pengembangan aplikasi-aplikasi strategis yang baru.

Sistem informasi berhubungan dengan banyak pemakai

apa

Interaksi Sistem Informasi dan teknologi informasi dengan komponen-komponen perusahaan

apa

Empat peranan penting Sistem Informasi dalam organisasi (Alter)

  1. Berpartisipasi dalam pelaksanaan tugas-tugas
  2. Mengaitkan perencanaan, pengerjaan dan pengendali dalam sebuah subsistem
  3. Mengkoordinasikan subsistem-subsistem
  4. Menginterogasi subsistem-subsistem

Teknologi Informasi

  1. Definisi Teknologi Informasi
    1. Teknologi informasi adalah studi atau penggunaan peralatan elektronika, terutama komputer untuk menyimpan, menganalisa dan mendistribusikan informasi apa saja termasuk kata-kata, bilangan dan gambar. (Kamus Oxford)
    2. Teknologi Informasi mencangkup perangkat keras dan perangkat lunak yntuk melaksanakan satu atau sejumlah tugas pemrosesan data seperti menangkap, mentransmisikan, menyimpan, mengambil, memanipulasi atau menampilkan data. (Alter)
    3. Teknologi informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis. (Lucas)

Lingkup Teknologi Informasi

  1. Secara garis besar, teknologi informasi dapat dikelompokkan menjadi 2 bagian: Perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware). Sedangkan Haag, dkk membagi teknologi informasi menjadi 6 kelompok yaitu:
  2. Teknologi masukan (input technology)
  3. Teknologi keluaran (output technology)
  4. Teknologi perangkat lunak (software technology)
  5. Teknologi penyimpanan (storage technology)
  6. Teknologi telekomunikasi (telecominication technology)
  7. Mesin pemroses (processing machine) atau lebih kita kenal CPU

Peranan Teknologi Informasi

  1. Peranan teknologi informasi pada aktivitas manusia saat ini begitu besar. Secara garis besar peranan teknologi informasi dapat dikatakan sebagai berikut:
  2. Teknologi informasi menggantikan peran manusia. Dalam hal ini, teknologi informasi melakukan otomasi terhadap suatu tugas atau proses.
  3. Teknologi memperkuat peran manusia, yakni dengan menyajikan informasi terhadap suatu tugas atau proses.
  4. Teknologi informasi berperan dalam resrukturisasi terhadap peran manusia. Dalam hal ini, teknologi berperan dalam melakukan perubahan-perubahan terhadap sekumpulan tugas atau proses.

Kecenderungan Teknologi Informasi Terhadap Sistem Informasi

  1. Berbagai kecenderungan teknologi yang berkaitan dengan sistem informasi dikemukakan oleh Alter sebagai berikut:
  2. Peningkatan kecepatan dan kapasitas komponen-komponen elektronik
  3. Ketersedian informasi dalam bentuk digital semakin banyak
  4. Portabilitas peralatan-peralatan elektronis semakin meningkat
  5. Konektivitas meningkat
  6. Kemudahan pemakaian meningkat
  7. Ketidakmampuan mengotomasikan logika masih berlanjut.

KONSEP DASAR INFORMASI

Lingkungan Informasi

  1. Informasi merupakan salah satu sumber daya penting dalam manejemen modern. Banyak keputusan srategis yang bergantung kepada infomasi. Sumber daya vital bagi kelangsungan organisasi bisnis terdiri dari: manusia, material, mesin, modal dan informasi.
  2. Informasi yang merupakan salah satu sumber daya harus dapat dikelola dengan baik yang dikenal dengan istilah manejemen informasi. Manejemen informasi di definisikan sebagai berikut:

Manajemen Informasi

  1. manejemen informasi adalah segala kegiatan yang berkaitan dengan memperoleh informasi, penggunaan informasi seefektif mungkin, dan juga pembuangan terhadap informasi pada waktu yang tepat. (McLeot)
  2. manajemen informasi sebagai operasi-operasi internal yang mengatur sumber daya informasi dalam perusahaan untuk mendukung kinerja dan hasil bisnis. (Ebert dan Griffin)

Level Manajemen dalam Organisasi

apaapaapaapa

apa

Fungsi masing-masing level manajemen dari gambar diatas :

  1. Manajemen tingkat bawah bertanggung jawab terhadap pengawasan dan pengendalian kegiatan operasional sehari-hari. Yang termasuk manajemen tingkat bawah yaitu antara lain: penyelia (supervisor), kepala proyek, dan kepala bagian.
  2. Manajemen tingkat menengah bertanggung jawab dalam hal perencanaan dan koordinasi kegiatan-kegiatan jangka pendek yang diperlukan untuk mencapai tujuan organisasi (pengendalian manajemen). Yang ternasuk dalam kategori ini yaitu manajer pabrik, manajer, dan manajer difisi.
  3. Manajemen tingkat atas bertanggung jawab terhadap perencanaanjangka panjang (rencana strategis) dan menetapkan tujuan organisasi. Dalam kategori ini direktur dan wakil direktur.

Data dan Informasi


Data

  1. Perbedaan antara data dan informasi merupakan titik awal dalam memahami sistem informasi. Secara konseptual data yaitu deskripsi tentang benda, kejadian, aktifitas dan transaksi yang tidak mempunyai makna atau tidak berpengaruh secara langsung kepada pemakai. Data dapat berupa teks, citra (gambar), audio dan video.
    1. Data yang terformat adalah data dengan suatu format tertentu. Misalnya, data yang menyatakan suatu nilai mata uang tertentu.
    2. Teks adalah sederetan huruf, angka, dan simbol-simbol khusu (misalnya + dan $) yang kombinasinya tidak tergantung pada masing-masing item secara individual. Contoh teks adalah artikel koran.
    3. Citra (image) adalah data dalam bentuk gambar. Citra dapat berupa grafik, foto, hasil rontgen, dan tanda tangan, ataupun gambar lainnya.
    4. Audio adalah data dalam bentuk suara. Instrument musik, suara orang atau suara binatang, gemercik air, detak jantung merupakan beberapa contoh data audio.
    5. Video adalah data dalam bentuk sejumlah gambar yang bergerak dan bisa saja dilengkapi dengan suara. Video dapat digunakan untuk mengabadikan suatu kejadian atau aktifitas.

Informasi

  1. Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau saat mendatang. Data seringkali disebut sebagai bahan mentah informasi. Melalui suatu proses transformasi, data dibuat menjadi bermakna.

Transformasi data menjadi onformasi


apa


Siklus Informasi


apa

Informasi menurut Davis memiliki cirri-ciri sebagai berikut :

  1. Benar atau salah. Dalam hal ini, informasi berhubungan dengan kebenaran terhadap kenyataan. Jika penerima informasi yang salah mempercayainya, efeknya seperti itu kalau informasi itu benar.
  2. Baru. Informasi benar-benar baru bagi si penerima.
  3. Tambahan. Informasi dapat memperbarui atau memberikan perubahan terhadap informasi yang telah ada.
  4. Korektif. Informasi dapat digunakan untuk melakukan koreksi terhadap informasi sebelumnya yang salah atau kurang benar.
  5. Penegas. Informasi dapat mempertegas informasi yang telah ada sehingga keyakinan terhadap informasi semakin meningkat.

Hierarki Data

  1. Secara tradisional, data disusun dalam hirarki yang terdiri dari elemen data, Rekaman (record), dan berkas (file).
  2. Elemen Data adalah suatu data terkecil yang tidak dapat terpecah lagi menjadi unit data yang lain. Istilah lain untuk elemen data adalah medan (field), kolom, item dan atribut.
  3. Rekaman (Record) adalah gabungan sejumlah elemen data yang saling terkait. Istilah lain untuk rekaman adalah tupel dan baris.
  4. Berkas (file) adalah himpunan seluruh rekaman yang bertipe sama membentuk sebuah berkas. Berkas dapat dikatakan sebagai kumpulan data yang berkaitan dengan suatu subjek. Dalam sistem basis data relasional, berkas mewakili komponen yang disebut tabel atau relasi, dalam kontek yang lebih besar, sekumpulan berkas atau tabel membentus sebuah basis data.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa, Kasih Komentar ya....
Biar Ada Motivasi yang lebih baik dalam Entry.

Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Like Ya Gan.

https://www.facebook.com/pages/Wonk-Lembur/321256544560281?ref=hl

 
Tabloid PULSA